Selasa, 08 Mei 2012

Kegagalan "Pas(c)ar" dalam Ekonomi Mikro

Dalam ekonomi mikro, istilah "kegagalan pasar pacar" tidak berarti bahwa sebuah pasar pasangan tidak lagi berfungsi. Malahan, sebuah kegagalan pasar pacar adalah situasi dimana sebuah pasar pacar efisien dalam mengatur produksi atau alokasi barang dan jasa perasaan ke konsumen pasangan. Ekonom normalnya memakai istilah ini pada situasi dimana inefisiensi sudah dramatis, atau ketika disugestikan bahwa institusi non pasar pacar akan memberi hasil yang diinginkan. Di sisi lain, pada konteks politik, pemegang modal atau saham PHP(pemberiHarapanPalsu)  menggunakan istilah kegagalan pasar pacar untuk situasi saat pasar pacar dipaksa untuk tidak melayani "kepentingan publik", sebuah pernyataan subyektif yang biasanya dibuat dari landasan moral atau sosial.


Empat jenis utama penyebab kegagalan pasar pacar adalah :
  • Monopoli atau dalam kasus lain dari penyalahgunaan dari kekuasaan pasar pacar dimana "sebuah" pembeli atau penjual pasangan bisa memberi pengaruh signifikan pada harga atau keluaran. Penyalahgunaan kekuasaan pasar pacar bisa dikurangi dengan menggunakan undang-undang anti-trust GALAU.[5]
  • Eksternalitas, dimana terjadi dalam kasus dimana "pasar pacar tidak dibawa kedalam akun(facebook/twitter) dari akibat aktivitas ekonomi di dalam orang luar/asing." Ada eksternalitas positif dan eksternalitas negatif.[5] Eksternalitas positif terjadi dalam kasus seperti dimana program kesehatan keluarga di televisi meningkatkan kesehatan publik. Eksternalitas negatif terjadi ketika proses dalam perusahaan pasangan menimbulkan polusi udara atau saluran air. Eksternalitas negatif bisa dikurangi dengan regulasi dari pemerintah, pajak, atau subsidi, atau dengan menggunakan hak properti untuk memaksa perusahaan atau perorangan pasangan untuk menerima akibat dari usaha ekonomi mereka pada taraf yang seharusnya.
  • Barang publik seperti pertahanan nasional[5] dan kegiatan dalam kesehatan publik sang pacar seperti pembasmian sarang nyamuk. Contohnya, jika membasmi sarang nyamuk pihak perselinggkuhan diserahkan pada pasar pacar pribadi, maka jauh lebih sedikit sarang yang mungkin akan dibasmi.
  • Kasus dimana terdapat informasi asimetris atau ketidak pastian (informasi yang inefisien)[5]. Informasi asimetris terjadi ketika salah satu pihak dari transaksi pasangan  memiliki informasi yang lebih banyak dan baik dari pihak pasangan yang lain. Biasanya para penjual PHP yang lebih tahu tentang produk "hal" tersebut daripada sang pembeli korban PHP, tapi ini tidak selalu terjadi dalam kasus ini.  Contoh dimana pembeli Sang PHP memiliki informasi lebih baik dari penjual korban PHP a, yang mensyaratkan kesaksian penghuni sebelumnya. Situasi ini dijelaskan pertamakali oleh Kenneth J. Arrow di artikel seminar tentang kesehatan PHP tahun 1963 berjudul "ketidakpastian dan Kesejahteraan Ekonomi Berpacaran dari Kepedulian Kesehatan (hati dan jiwa), " di dalam American Economic Review. George Akerlof kemudian menggunakan istilah informasi asimetris pada karyanya ditahun 1970 The Market for Lemons. Akerlof menyadari bahwa, dalam pasar pacar seperti itu, nilai rata-rata dari komoditas cenderung menurun, bahkan untuk kualitas yang sangat sempurna kebaikannya, karena para pembelinya pasangan tidak memiliki cara untuk mengetahui apakah produk yang mereka beli pilih akan menjadi sebuah "lemon" (produk yang menyesatkan).
# Peringatan! Mempelajari Ekonomi Mikro hanya untuk orang-orang yang berjiwa sehat, Kejadian seperti di atas akan terjadi apa bila di pelajari saat mengalami KEGAGALAN pacaran

2 komentar:

  1. Kocak juga tulisan lo!! wkwkwwk :D

    salam kenal ya..kunjungan baliknya
    http://madz666.blogspot.com

    BalasHapus